POLA ADAPTASI EKOLOGI

Posted: April 28, 2011 in Catatan Harian
Tags: , ,

Istilah ekologi berasal dari dari bahasa Yunani. Oekos yang berarti rumah dan logi atau logos berarti ilmu. Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkunga hidupnya sehingga terbentuk suatu jaringan system kehidupan. Bahwasanya focus utama ekologi terletak pada bagaimana berbagai komponen kehidupan saling terkait membentuk jarring-jaring kehidupan.

Lingkungan hidup suatu mahluk adalah ruang dimana sluruh unsur-unsur yang bersifat tak hidup  atau abiotik saling berinteraksi secara kompleks dengan semua yang hidup atau biotic yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Beberapa fungsi lingkungan hidup, yaitu : lingkungan hidup adalah pemasok sumber daya alam, sebagai pendukung sisten kehidupan, mempunyai kemampuan asimilasi limbah, dan sebagai pemasok kenyamanan dan keindahan alam.

Pada dasarnya ekologi manusia bersifat dinamis berlangsung terus menerus, dan spesifik menurut ruang dan waktu. Ada tiga teori tentang pola adaptasi ekologi, yaitu determinisme lingkungan, possibilisme lingkungan, dan ekologi budaya. Determisisme lingkungan merupakan kebudayaan suatu masyarakat yang terbentuk sebagai akibat dari kondisi lingkungan fisik atau alam. Possibilisme lingkungan memandang bahwa lingkungan bukanlah factor penentu sebagaimana dimaksud dalam pendekatan diterminisme, melainkan sebagai penapis, penyaring bagi terbentuknya unsur budaya tertentu. Seluruh kebudayaan tidak mesti dipengaruhi oleh alam. Menurut Steward tidak ada kebudayaan yang terbentuk secara linier atau mengikuti kebudayaan yang ada pi masyarakat. Menurut Steward ada beberapa inti kebudayaan, yaitu 1) teknologi yang dikembangkan sebagai sarana eksploitasi sumber daya alam; 2) pola perilaku yang terkait dengan teknologi eksploitasi sumber daya alam; dan 3) faktor demografi, pola permukiman, struktur kekerabatan, tata guna tanah, dan tenurial; yang merupakan unsur-unsur dimana kebudayaan berinteraksi dengan alam.

Advertisements
Comments
  1. semoga tak menjadi teori belaka ya. bisa diimplementasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s